Sabtu, 07 November 2009

Cacingan Pada Ternak

Seperti biasa sepulang beraktifitas ( kerja ), keluarga kecil kami berdiskusi mulai dari hal - hal ringan seputar pelajaran sekolah anak, sampai tiba - tiba teringat kembali suasana Lebaran kurang lebih sebulan yang lalu.
biggrin
Dusun kecil di Desa Plosoharjo Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Jawa Tengah, mengingatkan 'Ku pada peternakan sapi yang kami kelola bersama keluarga ( mudah - mudahan bermanfaat ). Amien

Walaupun dari kecil sudah terbiasa dengan ternak sapi, nggak ada salahnya Aku cari - cari informasi tentang peternakan sapi. Dan Aku mendapatkannya disini yang membahas tentang CACINGAN PADA TERNAK.

Dalam budidaya ternak, baik ternak ruminansia (Sapi, Kerbau, Kambing, dan Domba), ternak non ruminansia (Babi dan Kuda), ternak unggas (ayam ras, ayam buras, itik, puyuh dll) serta aneka ternak (kelinci dan marmut), pada umumnya peternak tidak pernah memperhatikan berapa kerugian yang ditimbulkan akibat ternaknya terserang CACINGAN.

Penyakit Cacingan kelihatanya sepele, namun apabila dicermati ternyata menimbulkan dampak yang cukup serius dalam mempengaruhi kesehatan ternak yang pada akhirnya akan berakibat langsung pada penurunan produksi. Ternak yang terjangkit CACINGAN akan mengalami kekurangan nutrisi atau gizi, sehingga daya tahan terhadap penyakit akan menurun, sehingga gampang terserang penyakit hewan lain, khususnya penyakit insfeksi. Karena kekurangan nutrisi, ternak akan mengalami gangguan reproduksi, sehingga ternak akan sulit untuk menjadi bunting.

16 Milyar / tahun
Menurut penelitian, akibat dari cacingan ternak akan mengalami penurunan pertumbuhan berat badan sampai rata - rata 20%. Kalau kita hitung untuk ternak sapi yang ada di Kab. Grobogan dari populasi sebanyak 110.000 ekor dimana jumlah yang 30%nya atau sekitar 30.000 ekor adalah ternak yang dalam masa pertumbuhan, dengan rata - rata tingkat pertambahan berat badan / hari 0,5 kg, maka apabila terserang cacingan hanya akan naik 0,4 kg / hari, sehingga total kerugian dalam satu tahun adalah :

0,1 kg x 30.000 ekor x 360 hari x Rp 15.000 ( harga sapi / kg berat hidup )

= Rp. 16.200.000.000 ( enam belas milyar dua ratus juta rupiah )

Sungguh suatu kerugian yang sangat besar, belum lagi kerugian akibat terhambatnya kebuntingan dan kerugian pada ternak lain akibat cacingan.

Bagaimana Tanda-tanda ternak cacingan

1. Kelihatan kurus, bulu kusam, berdiri dan mudah rontok
2. Kadang mencret atau fesesnya berbau atau berlendir
3. Nafsu makan besar tapi perkembangan berat badan lambat
4. Pada unggas petelur, produksi telurnya rendah.

Pengobatan
Untuk membebaskan ternak dari penyakit cacingan sebenarnya sangat mudah dan murah. Ternak cukup diberi obat cacing secara rutin setiap 2 – 3 bulan sekali. Banyak jenis obat cacing yang beredar di pasar, namun usahakan obat cacing dengan spektrum luas sehingga mampu membunuh semua jenis cacing. Untuk yang spektrum luas pada umumnya mengandung zat aktif albendazol atau oxbendendozol yang dalam pasaran berupa bentuk bolus atau larutan, dengan beberapa merk dagang diantaranya : Verm O, Worm Zol, Rintal Bolus, dll. Harga perdosisnya sekitar Rp 7.000,00 – Rp 10.000,00. Untuk yang lebih murah adalah serbuk piperazine tapi bukan spektrum luas ( hanya membunuh cacing tertentu saja ) dengan harga Rp 5.000,00 / dosis.

Kesimpulan
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk pengobatan CACINGAN 30.000 ekor ternak sapi di kabupaten Grobogan dibutuhkan dana ± Rp 1000.000.000,- ( 1 Milyar ). Tidak cukup banyak dibanding dengan kerugian yang ditimbulkan akibat CACINGAN yang mencapai 16 milyar rupiah. Untuk pengobatan swadaya petani yang punya seekor sapi hanya butuh dana Rp. 40.000,- untuk pembelian obat cacing 4 x dalam setahun, namun mampu menyelamatkan uang Rp. 540.000,- yang akan hilang apabila ternaknya tidak diberi obat cacing.

Terima kasih buat Mas Bambang Yulianto mudah - mudahan artikel ini bermanfaat.

Amieeen.




Share/Bookmark


_______________________________________________________________________

Bonus buat ANDA yang sudah berkunjung ke Blog saya, Tutorial mencari uang di Internet..... klik di sini




Adsense Indonesia
KumpulBlogger
Sekedar Catatan

Adsense Indonesia
antivirus


...::| Posting Terkait |::...

0 komentar:

.....::| Tampilkan Semua Komentar |::.....

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung & berkomentar di blog hss-info

...::|! Auto Exchange Link !|::...